Di Bali, bunga Kamboja adalah bunga favorit untuk persembahan. Indah, sejuk, lembut rasanya di dalam sini bagi kebanyakan orang Bali bila melihat dan menggenggam bunga Kamboja. Ada sesuatu yang kurang rasanya bila persembahan tidak berisi bunga kamboja. Namun di Jawa umumnya, bunga Kamboja ditanam di kuburan. Terbalik dengan apa yang terjadi di Bali. Karena di kuburan, maka kesannya seram dan menakutkan. Hanya belakangan ketika banyak pelancong yang mengagumi Bali, banyak rumah dan hotel di Jakarta ikut menanam bunga Kamboja.
Pelajarannya sederhana, pemaknaan memang relatif sekaligus subyektif. Dari satu sisi, bunga Kamboja adalah simbol kesucian. Di lain sisi, ia simbol ketakutan. Kehidupan juga serupa. Bagi siapa saja yang pernah belajar di sekolah bisnis tahun 1980-an pasti pernah mendengar nama Lee Iacocca. Ketika itu ia kerap disebut pahlawan Amerika karena menyelamatkan raksasa otomotif Chrysler dari kebangkrutan.
Sebelum disebut pahlawan, beliau hanyalah seorang petinggi yang tersingkir di perusahaan otomotif Ford. Tidak terlalu jelas ceritanya (maklum politik memang tidak pernah terang hitam-putihnya), tiba-tiba suatu waktu Iacocca hanya kebagian kursi wakil presiden plus kantor di gudang. Tentu saja hatinya panas.
Di tengah godaan ini, tiba-tiba datang tawaran untuk memimpin Chrysler. Karena mau cepat-cepat meninggalkan kursi panas, kesempatannya diambil. Ternyata pekerjaan baru jauh lebih panas. Maka berputarlah kehidupan dari satu jurang panas ke jurang panas yang lain. Selesai menghadapi buruh mogok, datang bankir yang menagih hutang, kemudian petugas pajak, pemegang saham, distributor, keluhan pelanggan. Semuanya seperti tidak ada habisnya.
Namun keteguhan kerap menjadi kendaraan yang mengantar seseorang keluar dari terowongan gelap kegagalan. Di suatu waktu, keteguhan Lee Iacocca berbuah. Chrysler ketika itu tidak saja keluar dari krisis, namun berubah dari pecundang menjadi pemenang. Dan Iacocca sebagai komandan juga bertransformasi dari korban menjadi pahlawan. Ini memberi pelajaran inspiratif, musibah di satu tahun bisa menjadi sumber berkah di tahun lain.
Serupa bunga Kamboja, kehidupan terus berputar. Hari ini sampah bau, beberapa waktu kemudian menjadi bunga Kamboja wangi berwajah indah. Hari ini bunga wangi mewakili keindahan, beberapa hari kemudian menjadi sampah menjijikkan. Penderitaan kebanyakan manusia berakar dari sini: mau bunga namun menolak sampah. Mau kebahagiaan, tidak mau kesedihan. Ini serupa dengan mau api tapi menolak panas, mau air tapi membuang basah.
Itu sebabnya, guru-guru tercerahkan melatih diri keras-keras untuk menyatu dengan semua aliran kehidupan. Kebahagiaan adalah sumber motivasi, kesedihan adalah kekuatan purifikasi. Serupa samudera, ia penuh dengan gelombang naik-turun. Ada gelombang tinggi (dipuji), ada gelombang rendah (dicaci). Namun gelombang mana pun akan merunduk rendah hati ketika mencium bibir pantai. Maknanya, kehidupan boleh bergerak naik-turun. Namun, ketika dipanggil kematian jangan lupa merunduk rendah hati. Kematian bukan perpisahan mengerikan, namun gerakan kembali memeluk samudera yang maha luas.
Dibekali bahan-bahan kontemplasi seperti ini, ada guru yang berpesan: “Jadilah sekeras batu dalam mendidik diri sendiri, namun selembut air dalam melayani orang lain”. Ada yang berpesan lain: “Agama tidak diniatkan untuk menyerang orang, namun untuk menyerang kekurangan-kekurangan kita”.
Seorang petinggi bank yang mau pensiun bertanya, setelah mencapai pencerahan, apa berarti kehidupan selalu pasif? Sifat alami pencerahan jauh dari kepasifan. Ia serupa dengan kambing dan serigala. Bila kambing dikasi makan daging, secara alamiah ia akan menolak. Jika serigala dikasi makan rumput, secara alamiah ia akan menghindar.
Guru-guru tercerahkan juga serupa, ada memang yang tinggal di gua-gua sepi. Namun mereka menyepi bukan untuk diri sendiri, melainkan menjaga keseimbangan alam. Di tengah keriuhan kehidupan di mana-mana mesti ada yang istirahat dalam keheningan. Sebagian besar guru tercerahkan beredar di masyarakat. Baju luarnya bisa bermacam-macam, namun spirit di dalamnya sama: kehidupan adalah kendaraan pelayanan!.
Persis sama dengan bunga Kamboja. Di Bali boleh digunakan sarana persembahan, dipuja karena mewakili kesucian. Di Jawa boleh ditanam di kuburan yang menakutkan. Namun, di kedua tempat itu bunga Kamboja tetap melayani kehidupan dengan menebar keindahan dan keharuman. Begitu juga dengan mahluk tercerahkan, pujian dan cacian tidak menghentikan tugasnya untuk melayani kehidupan. Seperti matahari, apa pun komentar orang besok pagi ia tetap terbit melayani kehidupan.
Gede Prana
Makasih ya atas infromasi yang diberikan sangat bermanfaat sekali
BalasHapussalam kenal dari Kolang kaling